SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta sukses meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang penghargaan Muhammadiyah Education Awards (MEA) 2023 yang digelar Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Penghargaan tersebut disampaikan saat pembukaan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Tengah Periode Muktamar 48, Sabtu (4/3/2023).

Muhdiyatmoko, M.Pd. selaku Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta mengucapkan syukur dan bangga atas raihan prestasi dua penghargaan dalam ajang MEA 2023. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua guru, karyawan, siswa, dan orang tua, serta pihak-pihak yang terlibat sehingga sekolahnya mampu meraih dua penghargaan bergengsi tersebut.

Alhamdulillah, atas nama sekolah sangat bersyukur dan bangga dengan raihan prestasi ini. SMP Muhammadiyah PK memenangkan dua penghargaan dalam ajang MEA 2023 ini. Penghargaan tersebut yakni kategori Kepala Sekolah dengan prestasi sekolah terbanyak dan guru dengan perolehan skor prestasi tertinggi,” ungkapnya.

Muhdiyatmoko menambahkan dua penghargaan tersebut berdasarkan kriteria penilaian meliputi penghargaan berdasarkan Kepala Sekolah/Madrasah dengan jumlah perolehan prestasi sekolah terbanyak untuk setiap jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Kriteria guru dengan perolehan skor prestasi tertinggi periode 2020-2022 untuk setiap jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Kriteria prestasi meliputi prestasi internasional, nasional, dan provinsi baik berjenjang maupun tidak berjenjang.

“Hasil Rekapan Prestasi SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta tahun pelajaran 2020 – 2022 meraih total 888 prestasi yang meliputi jenjang provinsi jumlah 56, jenjang nasional jumlah 787, dan internasional jumlah 45. Prestasi sekolah tahun 2023 meraih 487. Prestasi ini meningkat dari prestasi sebelumnya, 450 prestasi,” jelasnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan program-program pelayanan prima (terbaik) kepada siswa dan orang tua serta pelayanan program pembinaan prestasi,” tandasnya.

Kesempatan tersebut, Muhdiyatmoko pun mendapatkan doorprize hadiah perjalanan umroh ke tanah suci dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Ustazah Nurul Fitria mengaku senang dan bersyukur atas penghargaan MEA 2023 yang diberikan kepadanya. Guru IPA Fisika tersebut meraih total prestasi jumlah 32. Prestasi tersebut meliputi jenjang internasional jumlah 1, provinsi jumlah 3, dan nasional jumlah 28. Prestasi terakhir yang diraih Ustazah Nurul Fitria tahun 2023 yaitu medali emas IPA Kompetisi Sains Nasional 2023, peringkat 1 MTQ Tartil Online, dan medali perak Kompetisi Astronomi Provinsi.

Alhamdulillah bersyukur atas penghargaan tersebut dan terima kasih kepada sekolah dan teman-teman Ustaz-Ustazah atas dukungan. Terima kasih terkhusus kepada doa almarhumah Mama semasa beliau masih hidup. Beliau selalu berpesan agar selalu berpedoman pada ayat Al-Qur’an Surat Al Mujadalah ayat 11 bahwa Allah Swt. akan meninggikan derajat orang berilmu dan selalu konsisten komitmen kerja keras terhadap apapun yang dikerjakan,” jelasnya.

Penghargaan MEA (Muhammadiyah Education Awards) 2023 sekolah/ madrasah Muhammadiyah di Jawa Tengah digelar oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Sekolah dan Guru Muhammadiyah telah berprestasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, penghargaan untuk memberikan motivasi untuk berprestasi dan memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang kinerja Kepala Sekolah dan Guru Muhammadiyah yang berprestasi dan menjadi panutan bagi sekolah lain. (rls)